Minggu, 28 Desember 2014

MANFAAT LENGKUAS UNTUK KESEHATAN



MANFAAT LENGKUAS UNTUK KESEHATAN


                Haloooo agan-agan & aganwati sekalian, jumpa lagi dengan saya melalui tulisan artikel ini, maaf jarang update artikel soalnya sibuk banget dengan kerjaan sehari-hari, setelah kemarin saya sudah menulis sedikit tentang manfaat Jahe untuk kesehatan, kali ini saya akan membahas tentang Lengkuas, yup lengkuas, khususnya aganwati pasti pada tau apa itu lengkuas, yang sering jadi bahan buat masakan, biasanya dengan cara dimemarkan dan dimasukkan kedalam masakan. Lengkuas dengan nama latin Alpinna Galanga, mempunyai aroma yang benar-benar khas sebagai bumbu masakan. Bagian lengkuas yang sering dimanfaatkan sebagai bahan masakan adalah rimpangnya.  Kandungan nutrisi yang terdapat dalam lengkuas antara lain zat besi, sodium, vitamin A & C, Antioksidan, beta sitosterol, emodin, quercetin, galangin sineol, methyl-cinnamae, kamfer, seskuiteroen, kadien, resin, heksabidrokadalen hidrat, amilum, dan masih banyak lagi. Tumbuhan super yang satu ini sangat banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh, berikut akan kita bahas beberapa manfaat lengkuas untuk tubuh, antara lain :
1.       Mencegah & mengobati tumor
Senyawa transkoniferil disasetat yang terdapat dalam lengkuas dapat menghambat kerja enzim xanthin yang merupakan salah satu enzim pemicu tumor.
2.       Sebagai obat jerawat
Nah ini untuk para remaja, daripada capek-capek dan mengeluarkan biaya yang besar ke dokter untuk perawatan wajah, coba dech beralih ke herbal dengan menggunakan masker lengkuas sebagai senjata untuk melawan jerawat, tidak hanya untuk jerawat, tumbuhan super ini juga bisa mengangkat noda-noda hitam yang ada dikulit kita. Let's try....
3.       Meremajakan kulit
Nice info nich, buat para remaja, dan juga para lansia hehehehehe... dengan kandungan antioksidan yang begitu banyak didalam lengkuas, kira-kira sekitar 40 jenis antioksidan yang bersifat saling melengkapi, bisa menangkal radikal bebas dan meremajakan kulit kita.
4.       Mengeluarkan racun dalam tubuh
Kalo mau ngeluarin ilmu ditubuh pake daun kelor, lain lagi kalo mau ngeluarin racun dalam tubuh, kita bisa memanfaatkan lengkuas, caranya sederhana yaitu dicampur sebagai bumbu pada makanan, atau dibuat wedang secara rutin bisa membantu mengeluarkan racun dalam tubuh.
5.       Meredakan Radang
karena lengkuas mempunyai senyawa galangin & karioferidanya sebagai anti-inflamasi.
6.       Mengobati Rheumatoid Arthritis, yaitu peradangan pada sendi yang ditandai dengan kemerahan, rasa hangat, bengkak dan nyeri pada sendi.
7.       Menambah nafsu makan
8.       Menyembuhkan rematik dan sakit limfa, mengobati penyakit kulit seperti panu dan kurap
9.       Mengurangi perut kembung karena masuk angin, meredakan mabuk saat perjalanan, meredakan diare.
Dan masih banyak lagi manfaat dari tumbuhan super ini. Indahnya berbagi. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar